Skip to main content

Rujukan Mubaligh Perlu, Menag Ngak Usah Takut!

Belum lama ini, Kementerian Agama (Kemenag) merilis daftar sekitar 200 nama mubaligh sebagai bahan rujukan bagi masyarakat. Menurut Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, rilis itu dikeluarkan agar masyarakat mudah mengakses penceramah yang dibutuhkan.

"Selama ini, Kementerian Agama sering dimintai rekomendasi mubaligh oleh masyarakat. Belakangan, permintaan itu semakin meningkat, sehingga kami merasa perlu untuk merilis daftar nama mubaligh," ujar Menag Lukman di situs resmi Kementerian Agama, Jumat (18/5/2018) petang lalu. Mubaligh yang bisa masuk rujukan itu, kata Lukman, harus memenuhi tiga kriteria yaitu, mempunyai kompetensi keilmuan agama yang mumpuni, reputasi yang baik dan berkomitmen kebangsaan yang tinggi. 

Keluarnya rilis rujukan 200 mubaligh itu langsung mendapat kritik dan kecaman pedas dari sejumlah tokoh agama dan masyarakat. Terlepas dari bejibunnya pro dan kontra atas kebijakan Kemenag, ada baiknya kita teliti dan pahami dulu apa maksud dan tujuan Kemenag mengeluarkan rilis rujukan mubaligh bagi publik. 

Bagi saya, kalau Anda seorang mubaligh dan berceramah radikal, maka nama Anda tidak wajib masuk rujukan mubaligh Kemenag. Justru, nama Anda wajib masuk rujukan polisi untuk ditangkap. Lantas, bagaimana kita bisa mengukur seorang mubaligh itu radikal atau tidak? Ngukurnya gampang banget bro! Kalau ceramah mubaligh itu menyulut kebencian, menciptakan permusuhan antarsesama penganut agama, memecah persaudaraan antarsesama manusia, maka dia masuk golongan mubaligh radikal (kalau saya sih lebih suka menyebut mereka penjahat agama).

Nah, kalau Anda seorang mubaligh dan berceramah sejuk dan damai, tetapi nama Anda belum masuk rujukan Kemenag, maka Anda tak perlu langsung kecewa, karena daftar rujukan Kemenag itu, bukan tujuan utama Anda melakukan syiar Islam khan?

Apa ukurannya seorang mubaligh itu ceramahnya dinilai menyejukkan dan menenangkan umat? Ya, dakwahnya membuat umat nyaman, aman, damai, tentram dan saling toleransi. Kemudian, hubungan antarsesama manusia dan antarsesama penganut agama semakin erat dan terus terjalin persaudaraan.
Tujuan utama Kemenag mengeluarkan rilis rujukan mubaligh itu ialah agar para mubaligh membawa pesan kedamaian bukan perpecahan, pesan persaudaran bukan permusuhan, dan pesan keutuhan bangsa bukan adu domba bangsa. Anda paham khan? 

Bagi saya, sejumlah pihak yang mengecam rilis rujuan mubaligh Kemenag, seharusnya berpikir cerdas dan jernih serta tidak emosional dan irasional. Kemenag tidak ujug-ujug mengeluarkan rilis rujukan mubaligh itu, tanpa pertimbangan yang panjang dan matang.

‘Tak ada asap kalau tak ada api’. Pribahasa ini sangat cocok untuk menggambarkan soal rilis mubaligh yang dikeluarkan Kemenag (hukum kausalitas). Sebenarnya, rilis rujukan mubaligh itu dikeluarkan Kemenag dengan tujuan untuk mencegah masuknya paham radikal yang dibawa para mubaligh radikal dengan mengatasnamakan agama. Selama, ini paham radikal seperti aksi terorisme, selalu diidentikkan dengan agama tertentu. Padahal, antara agama dan paham radikal tidak ada hubungannya sama sekali. Sedikitnya ada lima tujuan utama mengapa Kemenag mengeluarkan rilis rujukan mubaligh yaitu: 

Pertama, rilis rujukan mubaligh itu berfungsi untuk meredam semakin tingginya peredaran mubaligh radikal yang berceramah di ruang publik.

Kedua, rilis rujukan mubaligh itu berfungsi untuk mengantisipasi para mubaligh radikal yang akan menyebarkan ajaran atau paham sesat dengan memakai nama agama.

Ketiga, rilis rujukan mubaligh itu merupakan respon Kemenag atas banyaknya keluhan publik yang melaporkan adanya mubaligh radikal yang dalam setiap dakwahnya bersifat mengadu domba antarsesama umat beragama.

Keempat, rilis rujukan mubaligh itu sebagai bentuk warning negara kepada para mubaligh. Dalam hal ini, negara akan menindak tegas secara hukum kepada para mubaligh radikal.

Kelima, rilis rujukan mubaligh itu menjadi bahan referensi bagi masyarakat untuk berhati-hati dalam memilih dan mendengarkan tausyiah para mubaligh, baik secara langsung maupun melalui sosial media.

Jadi, rilis rujukan mubaligh ini merupakan cara praktis Kemenag untuk memberi batasan yang jelas bahwa seorang ulama, da’i, ustadz serta kiai haruslah mengayomi dan membimbing umat dengan baik dan benar, sekaligus menjadi teladan bagi masyarakat secara umum. Di sisi lain, rilis rujukan mubaligh ini wajib menjadi bahan penting bagi seluruh mubaligh untuk melakukan introspeksi, evaluasi dan refleksi diri atas apa yang telah dilakukannya kepada umat.

Benarkah dakwah yang telah mereka lakukan sudah mendorong umat menuju kedamaian, ketenangan dan kenyamanan? Atau justru ceramah mereka justru malah menciptakan perpecahan antarumat beragama dan merusak kebersamaan dan rasa toleransi bangsa. Sudah sewajarnya kalau keberadaan rilis rujukan mubaligh Kemenag ini menjadi panduan bagi mubaligh untuk mawas diri, sadar diri dan tahu diri. Ada tiga hal penting yang wajib dilakukan para mubaligh terkait keluarnya rilis rujukan mubaligh Kemenag ini yaitu: 

Pertama, jadikan rilis rujukan mubaligh ini sebagai sarana bagi para mubaligh untuk memperbaiki diri dalam setiap kali memberikan dakwah atau ceramah.

Kedua, para mubaligh yang sejuk dan damai harus berkomitmen untuk segera memberi somasi kepada mubaligh radikal atau bila perlu melaporkannya ke aparat hukum.

Ketiga, rilis rujukan mubaligh ini menjadi pemicu dan memotivasi para mubaligh dalam setiap memberikan ceramahnya harus selalu menjaga persatuan bangsa, persaudaraan antarumat beragama dan menjaga keutuhan negara. 

Jadi, dalam pandangan saya, rasanya kita tidak perlu tergopoh-gopoh mengecam rilis rujukan mubaligh yang dikeluarkan Kemenag. “Tak ada satupun ajaran agama bertujuan merusak kehidupan antarmanusia, justru manusialah yang merusak kehidupannya dengan mengatasnamakan agama”. Maju terus pak Menag, jangan takut! 

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Menu Buka Puasa itu Bukan Takjil, Tapi Iftar [puasa hari ke-3]

Hampir sebagian besar kaum muslim di Indonesia, memahami kata takjil sebagai makanan atau minuman ringan untuk berbuka puasa. Sebenarnya istilah yang benar tentang menu untuk berbuka puasa bukan takjil, tetapi iftar. Sampai hari ini, pemahaman salah tentang takjil masih terus berlangsung. Takjil berarti menyegera (kamus Al Munawwir hal 900).  Takjil dalam konteks berpuasa, bila diadaptasi kedalam bahasa Indonesia mengandung arti menyegera berbuka puasa saat tiba waktunya (jangan ditunda-tunda). Takjil adalah bahasa Arab yang artinya penyegeraan, bersegera. Takjil berasal dari kata dasar ajjala, yu’ajjilu yang berarti menyegerakan atau mempercepat. Takjil adalah kata kerja, bukan kata benda. Jadi, arti kata takjil bukan makanan atau minuman. Kata yang tepat untuk menyebut makanan dan minuman saat berbuka puasa adalah Iftar. Dalam kamus KBBI, kata iftar diadaptasi dari bahasa Arab yang berarti berbuka puasa. Iftar menggambarkan makanan dan minuman, termasuk makanan utama seper

PROFIL PUBLIK: Wawan Kuswandi, Sosok Jurnalis dan Pemerhati Komunikasi Massa Berkarakter Friendly

PROFIL PUBLIK Wawan Kuswandi, Sosok Jurnalis dan Pemerhati Komunikasi Massa  Berkarakter Friendly Wawan Kuswandi adalah sosok jurnalis dan pemerhati komunikasi massa yang memiliki karakter friendly. Dalam jagat jurnalistik, Weka (panggilan sehari-hari Wawan di kalangan teman-teman pers) sudah berpetualang sekitar  20 tahun lebih hingga sekarang.  Mengawali karirnya sebagai kuli tinta, Wawan bekerja di harian MERDEKA, Jakarta (1995-2005), kemudian mengembara ke Radio SPORT FM 89,35, Jakarta (2007), Majalah TAJUK, Jakarta (2008), dan sejumlah media massa lainnya sebagai penulis lepas, seperti harian SUARA PEMBARUAN, BISNIS INDONESIA, MEDIA INDONESIA, MONETER INDONESIA, BERITA YUDHA, JAYAKARTA, PROPERTY AND THE CITY, GEOTIMES.ID, IBTimes.ID, PropertiTerkini.com, HomePoint.ID, PojokProperti.com dan sejumlah media online lainnya. Berkat pengalamannya yang panjang sebagai jurnalis, Wawan mendapat kepercayaan penuh untuk mengisi posisi EDITOR SENIOR DI NEWSNET ASIA (NNA) Jepang, selama 4 tahu

Aksi Demo Mobil Tronton Berakhir Damai antara Parung Panjang Bersatu dan Paguyuban Transforter

Proses musyawarah masyarakat Parung Panjang Bersatu dan Paguyuban Transforter dengan pejabat wilayah setempat, terkait operasional mobil tronton, berlangsung damai dan menghasilkan kesepakatan bersama.  indocomm (Jakarta), Aksi demo 20 November 2023 lalu yang dilakukan masyarakat Parung Panjang Bersatu, terkait jam operasional mobil tronton, memicu protes keras para sopir tronton, kernet, tukang tambal ban dan para pengusaha tambang Cigudeg. Sebelumnya, jam operasional mobil tronton dinilai mengganggu kenyamanan warga sekitar. Akhirnya terjadi aksi demo warga Parung Panjang Bersatu tanggal 20 November 2023 lalu. Aksi demo ini sebagai bentuk protes keras masyarakat terhadap lalu lalang mobil tronton. Namun, Aksi demo warga Parung Panjang Bersatu memicu protes para sopir tronton, kernet, tukang tambal ban dan para pengusaha tambang Cigudeg. Mereka melakukan aksi demo tandingan. Paska demo kedua belah pihak usai, Muspika Kecamatan Parung Panjang turun tangan  menertibkan jalur lintas yan