Skip to main content

Prabowo Berpeluang Menang di Pilpres 2024, Jika...???

Prabowo Berpeluang Menang di Pilpres 2024, Jika...??? 

Oleh: Wawan Kuswandi
Pemerhati Komunikasi Massa

Tiga parpol 'muka lama'  yaitu Golkar, PAN serta PKB resmi berkoalisi dengan Gerindra sekaligus menyatakan dukungannya kepada capres Prabowo Subianto. Jauh hari sebelumnya, parpol PBB pimpinan Yusril Ihza Mahendra juga sudah mendukung Prabowo. 

Usai deklarasi koalisi digelar, komentar sejumlah pengamat politik langsung bertebaran di sosial media maupun media mainstream, mereka mulai menganalisis peta kekuatan politik Prabowo.

Beberapa lembaga survei juga melakukan survei atas terbentuknya koalisi itu dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar peluang Prabowo memenangkan pilpres 2024 mendatang.

Ada juga politisi yang mengatakan bahwa Ganjar 'dikeroyok' koalisi parpol gendut. Ganjar Pranowo (capres PDIP) yang didukung koalisi parpol PPP, Hanura dan Perindo, diprediksi bakal kalah oleh Prabowo di pilpres 2024.

Potensi kekalahan Ganjar bisa ditelusuri dari dua parpol koalisinya yang pendatang baru (Perindo dan Hanura) yang belum diketahui kekuatan massa pendukungnya. Sedangkan koalisi tiga parpol pendukung Prabowo merupakan 'parpol muka lama' yang tentunya sudah mempunyai basis massa yang kuat.

Apabila koalisi parpol pendukung Prabowo konsisten dan tidak pecah dalam 'perjalanan' politik serta tepat dalam memilih cawapres, akankah Prabowo berpeluang menang di pilpres 2024?

Mandat Rakyat

Dalam pandangan saya, terkait koalisi parpol pendukung Prabowo, jika Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (PKB) dipasangkan sebagai cawapres Prabowo, maka Prabowo berpotensi kalah oleh Ganjar. PKB hanyalah parpol 'gurem', ditambah lagi Cak Imin yang selama karir politiknya belum menghasilkan karya politik terbaik bagi bangsa ini. Cak Imin belum saatnya menduduki posisi cawapres dan tampaknya tidak mendapat apresiasi rakyat.


Berdasarkan data KPU, dalam pileg 2019 lalu, PKB berada di urutan 4 dan hanya meraup suara 13.570.097 (9,69 persen). Basis massanya sangat kecil dan tidak signifikan. Alternatif cawapres prospektif bagi Prabowo, sebaiknya berasal dari partai Golkar atau PAN.

Untuk meraih kemenangan di pilpres 2024, perhitungan politiknya bukan hanya sebatas gabungan koalisi partai. Negara bukan milik parpol, rakyatlah yang punya mandat. Hal lain yang tak kalah pentingnya ialah faktor X yang kekuatannya sulit diukur secara matematis.

Relawan Jokowi

Lantas siapa atau apa itu faktor X? Dialah Presiden Jokowi bersama relawannya. Selama dua periode memimpin Indonesia, tak dapat dibantah, Jokowi memiliki massa pendukung fanatik, baik yang terstruktur dalam tubuh parpol maupun yang independen yang lebih dikenal dengan sebutan relawan Jokowi.

Selain itu, tingkat kepuasan rakyat terhadap kinerja Jokowi sangat tinggi, karena mantan Gubernur Jakarta ini berhasil menunjukkan progres pembangunan nasional, diantaranya meningkatnya perkembangan infrastruktur di berbagai wilayah Indonesia.

Sebelumnya, Presiden Jokowi pernah mengatakan akan menggelontorkan dana sebesar Rp 392,02 triliun untuk pembangunan infrastruktur tahun 2023. Salah satunya adalah proyek pembangunan ibu kota negara (IKN) Nusantara. "Infrastruktur bidang prioritas Rp 392,02 triliun, terdiri dari belanja pemerintah pusat Rp 213,4 triliun dan transfer ke daerah Rp 93 triliun dan pembiayaan sekitar Rp 85,7 triliun," ungkap Dirjen Anggaran Isa Rachmatarwata, saat rapat dengan Badan Anggaran DPR RI, Selasa (20/9/2022)lalu.

Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada April 2023. Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan mengungkapkan 82 persen masyarakat puas dengan kerja Jokowi. Menurut Djayadi, ini adalah capaian tertinggi Jokowi sepanjang catatan LSI.

Restu Jokowi

Dari dua sisi kekuatan diatas (relawan dan kinerja), tentu saja Jokowi akan sangat mudah, mengarahkan rakyat dan relawannya untuk memilih presiden sesuai dengan keinginannya yang dinilai mampu meneruskan program kerjanya yang belum terselesaikan.

Persoalannya ialah, apakah Jokowi mau membawa rakyat dan relawannya untuk memilih Prabowo? Semua masih jadi misteri dan hanya Jokowi yang tahu.

Sementara itu, belum lama ini, capres Ganjar Pranowo meresmikan kantor Sekretariat Relawan di Jakarta. Ada 1.375 organ relawan yang mendaftar. Namun, hanya 795 kelompok relawan yang eksis mendukung Ganjar.

Kordinator Relawan Ganjar, Ahmad Basarah (PDIP) mengatakan, jumlah relawan Ganjar itu, belum termasuk pendukung Jokowi yang sudah bertranformasi menjadi relawan Ganjar Pranowo. Besarnya relawan Ganjar juga menjadi salah satu beban berat buat Prabowo.

Nah, dari beberapa faktor yang saya sebutkan diatas, bila Prabowo ingin menang dalam pilpres 2024 mendatang, maka Ketua Umum parpol Gerindra itu, harus mendapatkan suara relawan Jokowi minimal 15 persen, sebanyak 25 persen suara rakyat, dan 15 persen suara relawan Ganjar Pranowo.

Cara paling mudah yang dapat ditempuh Prabowo untuk meraih suara rakyat serta relawan Jokowi maupun Ganjar, hanya satu yaitu Prabowo harus meminta dan mendapat restu dari Presiden Jokowi. Akankah Jokowi merestui Prabowo? Kita tunggu saja tanggal mainnya...!!! (***) 

Comments

  1. Mantap... lanjutkan analisis berikutnya bung Wawan.... saluutt...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Menu Buka Puasa itu Bukan Takjil, Tapi Iftar [puasa hari ke-3]

Hampir sebagian besar kaum muslim di Indonesia, memahami kata takjil sebagai makanan atau minuman ringan untuk berbuka puasa. Sebenarnya istilah yang benar tentang menu untuk berbuka puasa bukan takjil, tetapi iftar. Sampai hari ini, pemahaman salah tentang takjil masih terus berlangsung. Takjil berarti menyegera (kamus Al Munawwir hal 900).  Takjil dalam konteks berpuasa, bila diadaptasi kedalam bahasa Indonesia mengandung arti menyegera berbuka puasa saat tiba waktunya (jangan ditunda-tunda). Takjil adalah bahasa Arab yang artinya penyegeraan, bersegera. Takjil berasal dari kata dasar ajjala, yu’ajjilu yang berarti menyegerakan atau mempercepat. Takjil adalah kata kerja, bukan kata benda. Jadi, arti kata takjil bukan makanan atau minuman. Kata yang tepat untuk menyebut makanan dan minuman saat berbuka puasa adalah Iftar. Dalam kamus KBBI, kata iftar diadaptasi dari bahasa Arab yang berarti berbuka puasa. Iftar menggambarkan makanan dan minuman, termasuk makanan utama seper

PROFIL PUBLIK: Wawan Kuswandi, Sosok Jurnalis dan Pemerhati Komunikasi Massa Berkarakter Friendly

PROFIL PUBLIK Wawan Kuswandi, Sosok Jurnalis dan Pemerhati Komunikasi Massa  Berkarakter Friendly Wawan Kuswandi adalah sosok jurnalis dan pemerhati komunikasi massa yang memiliki karakter friendly. Dalam jagat jurnalistik, Weka (panggilan sehari-hari Wawan di kalangan teman-teman pers) sudah berpetualang sekitar  20 tahun lebih hingga sekarang.  Mengawali karirnya sebagai kuli tinta, Wawan bekerja di harian MERDEKA, Jakarta (1995-2005), kemudian mengembara ke Radio SPORT FM 89,35, Jakarta (2007), Majalah TAJUK, Jakarta (2008), dan sejumlah media massa lainnya sebagai penulis lepas, seperti harian SUARA PEMBARUAN, BISNIS INDONESIA, MEDIA INDONESIA, MONETER INDONESIA, BERITA YUDHA, JAYAKARTA, PROPERTY AND THE CITY, GEOTIMES.ID, IBTimes.ID, PropertiTerkini.com, HomePoint.ID, PojokProperti.com dan sejumlah media online lainnya. Berkat pengalamannya yang panjang sebagai jurnalis, Wawan mendapat kepercayaan penuh untuk mengisi posisi EDITOR SENIOR DI NEWSNET ASIA (NNA) Jepang, selama 4 tahu

Aksi Demo Mobil Tronton Berakhir Damai antara Parung Panjang Bersatu dan Paguyuban Transforter

Proses musyawarah masyarakat Parung Panjang Bersatu dan Paguyuban Transforter dengan pejabat wilayah setempat, terkait operasional mobil tronton, berlangsung damai dan menghasilkan kesepakatan bersama.  indocomm (Jakarta), Aksi demo 20 November 2023 lalu yang dilakukan masyarakat Parung Panjang Bersatu, terkait jam operasional mobil tronton, memicu protes keras para sopir tronton, kernet, tukang tambal ban dan para pengusaha tambang Cigudeg. Sebelumnya, jam operasional mobil tronton dinilai mengganggu kenyamanan warga sekitar. Akhirnya terjadi aksi demo warga Parung Panjang Bersatu tanggal 20 November 2023 lalu. Aksi demo ini sebagai bentuk protes keras masyarakat terhadap lalu lalang mobil tronton. Namun, Aksi demo warga Parung Panjang Bersatu memicu protes para sopir tronton, kernet, tukang tambal ban dan para pengusaha tambang Cigudeg. Mereka melakukan aksi demo tandingan. Paska demo kedua belah pihak usai, Muspika Kecamatan Parung Panjang turun tangan  menertibkan jalur lintas yan