Skip to main content

Sebuah Kesempatan








Kesempatan dalam hidup manusia tak akan pernah habis. Kesempatan bisa saja membuat hidup Anda  lebih berarti. Satu lagi,  umumnya, kesempatan bisa membawa Anda  memahami tafsir kehidupan dengan lebih baik dan jernih.

Terlalu  banyak hal-hal baru yang terjadi dalam kehidupan saya dan Anda dalam keseharian. Peristiwa unik, menarik,  menyedihkan dan menyenangkan  silih berganti mengisi ruang  pergaulan sosial. Terkadang ada kejadian dramatis yang menyentuh hati.  Kita pun menyadari  bahwa kehidupan  memang penuh  dinamika. Interaksi sosial antar sesama makhluk ciptaanNya  tak akan pernah  berhenti selama dunia masih berputar. 

Dalam proses rutinitas kehidupan,  saya dan Anda  terus mendapat kesempatan dan  peluang yang diberikanNya.  Tidaklah benar,  bila ada sebagian masyarakat yang mengatakan bahwa kesempatan kedua tidak  pernah ada dalam kehidupan seseorang. Justru, kesempatan itu selalu ada dan  tidak terbatas. Kesempatan adalah milikNya.

Dibalik sebuah kesempatan bukan hanya ada peluang,  tetapi juga  terdapat pilihan hidup  yang di dalamnya mengandung risiko. Apakah Anda mau mengambil kesempatan sebagai  pilihan hidup dengan semua risikonya?  Semua itu hanya Anda yang bisa menjawabnya.  Kesempatan yang hadir dalam hidup Anda dan saya pun bermacam-macam. Misalnya soal pekerjaan, profesi, cinta, beribadah atau berbuat baik untuk lingkungan sosial. Kesempatan tidak pernah berhenti dan terus hadir dalam kehidupan. Dibalik sebuah kesempatan terselip sebuah makna.

Mungkin saja di antara Anda pernah mendapat  kesempatan untuk mengambil keputusan sulit dalam hidup sehingga Anda tidak bisa melupakan kesempatan itu. Kesempatan  terkadang memaksa seseorang untuk bertindak cepat.  Contohnya ialah soal pekerjaan atau  profesi. Ketika Anda sudah bekerja dalam zona aman di sebuah perusahaan,  Anda pasti  enggan untuk pindah kerja ke perusahaan lain. Namun,  pada suatu saat ada sebuah pekerjaan atau profesi baru yang secara finansial lebih besar dari kantor lama tempat Anda bekerja,  apakah Anda akan mengambil kesempatan itu walaupun penuh risiko? Bila Anda mengambil kesempatan itu, maka Anda siap meninggalkan  zona aman yang telah Anda nikmati selama ini. Beranikah Anda? Jawabannya hanya Anda yang tahu.

Contoh lain yang tidak kalah menariknya ialah ketika Anda jatuh cinta untuk kali kedua kepada seseorang yang pernah menjadi cinta pertama (first love) Anda, namun dia telah menghilang puluhan tahun lalu.  Beranikah Anda mengambil kesempatan cinta pertama Anda di masa lalu yang terlewatkan? Lagi-lagi hanya Anda yang bisa menjawab.

Kesempatan hanya sebuah kata sederhana, tapi mengandung  makna  sangat dalam. Mungkin saja Anda termasuk orang yang siap menghadapi  risiko, ketika memutuskan untuk mengambil  sebuah kesempatan. Sesungguhnya,  kesempatan yang ada dalam kehidupan manusia  sudah menjadi takdirNya.  Itu artinya,  Dia telah menentukan secara mutlak siapa-siapa saja yang dipilih untuk menerima kesempatan yang tak berbatas. [Wawan Kuswandi]
(Foto/Ilustrasi:Ist) 


www.facebook.com/INDONESIAComment/
plus.google.com/+INDONESIAComment
Indocomm.blogspot.com
#INDONESIAComment
Deenwawan.photogallery.com





Comments

Popular posts from this blog

Menu Buka Puasa itu Bukan Takjil, Tapi Iftar [puasa hari ke-3]

Hampir sebagian besar kaum muslim di Indonesia, memahami kata takjil sebagai makanan atau minuman ringan untuk berbuka puasa. Sebenarnya istilah yang benar tentang menu untuk berbuka puasa bukan takjil, tetapi iftar. Sampai hari ini, pemahaman salah tentang takjil masih terus berlangsung. Takjil berarti menyegera (kamus Al Munawwir hal 900).  Takjil dalam konteks berpuasa, bila diadaptasi kedalam bahasa Indonesia mengandung arti menyegera berbuka puasa saat tiba waktunya (jangan ditunda-tunda). Takjil adalah bahasa Arab yang artinya penyegeraan, bersegera. Takjil berasal dari kata dasar ajjala, yu’ajjilu yang berarti menyegerakan atau mempercepat. Takjil adalah kata kerja, bukan kata benda. Jadi, arti kata takjil bukan makanan atau minuman. Kata yang tepat untuk menyebut makanan dan minuman saat berbuka puasa adalah Iftar. Dalam kamus KBBI, kata iftar diadaptasi dari bahasa Arab yang berarti berbuka puasa. Iftar menggambarkan makanan dan minuman, termasuk makanan utama seper

PROFIL PUBLIK: Wawan Kuswandi, Sosok Jurnalis dan Pemerhati Komunikasi Massa Berkarakter Friendly

PROFIL PUBLIK Wawan Kuswandi, Sosok Jurnalis dan Pemerhati Komunikasi Massa  Berkarakter Friendly Wawan Kuswandi adalah sosok jurnalis dan pemerhati komunikasi massa yang memiliki karakter friendly. Dalam jagat jurnalistik, Weka (panggilan sehari-hari Wawan di kalangan teman-teman pers) sudah berpetualang sekitar  20 tahun lebih hingga sekarang.  Mengawali karirnya sebagai kuli tinta, Wawan bekerja di harian MERDEKA, Jakarta (1995-2005), kemudian mengembara ke Radio SPORT FM 89,35, Jakarta (2007), Majalah TAJUK, Jakarta (2008), dan sejumlah media massa lainnya sebagai penulis lepas, seperti harian SUARA PEMBARUAN, BISNIS INDONESIA, MEDIA INDONESIA, MONETER INDONESIA, BERITA YUDHA, JAYAKARTA, PROPERTY AND THE CITY, GEOTIMES.ID, IBTimes.ID, PropertiTerkini.com, HomePoint.ID, PojokProperti.com dan sejumlah media online lainnya. Berkat pengalamannya yang panjang sebagai jurnalis, Wawan mendapat kepercayaan penuh untuk mengisi posisi EDITOR SENIOR DI NEWSNET ASIA (NNA) Jepang, selama 4 tahu

Aksi Demo Mobil Tronton Berakhir Damai antara Parung Panjang Bersatu dan Paguyuban Transforter

Proses musyawarah masyarakat Parung Panjang Bersatu dan Paguyuban Transforter dengan pejabat wilayah setempat, terkait operasional mobil tronton, berlangsung damai dan menghasilkan kesepakatan bersama.  indocomm (Jakarta), Aksi demo 20 November 2023 lalu yang dilakukan masyarakat Parung Panjang Bersatu, terkait jam operasional mobil tronton, memicu protes keras para sopir tronton, kernet, tukang tambal ban dan para pengusaha tambang Cigudeg. Sebelumnya, jam operasional mobil tronton dinilai mengganggu kenyamanan warga sekitar. Akhirnya terjadi aksi demo warga Parung Panjang Bersatu tanggal 20 November 2023 lalu. Aksi demo ini sebagai bentuk protes keras masyarakat terhadap lalu lalang mobil tronton. Namun, Aksi demo warga Parung Panjang Bersatu memicu protes para sopir tronton, kernet, tukang tambal ban dan para pengusaha tambang Cigudeg. Mereka melakukan aksi demo tandingan. Paska demo kedua belah pihak usai, Muspika Kecamatan Parung Panjang turun tangan  menertibkan jalur lintas yan